Tren Social Media Marketing 2022

Tren Social Media Marketing 2022

Beranjak dari tahun 2021, begitu banyak prediksi tren social media marketing untuk tahun 2022. Hampir setiap hari dan tiap waktu, semua orang menggunakan media sosial baik untuk mencari hiburan, informasi, berbelanja, dan bekerja. Internet yang semakin mudah dijangkau di semua tempat, membuat orang-orang mudah memasarkan brand dan menjangkau para konsumen. Di sisi lain, brand juga dituntut lebih cerdas dalam mengidentifikasi masalah yang paling sesuai dan relevan dengan target pasarnya. 

Ada berbagai tren baru yang hadir di media sosial seperti Instagram, Tiktok, dan Youtube, yang berlomba-lomba membuat inovasi fitur sehingga pebisnis bisa memanfaatkannya untuk mengembangkan pemasaran produk. Facebook yang telah mengubah nama perusahaan induknya menjadi Meta akan segera terjun ke dunia metaverse. Selain AR dan VR, platform ini juga akan mengedepankan fitur IG Shopping karena tren belanja online yang semakin gencar setelah pandemi. Terakhir, akan ada optimasi fitur video pendek seperti Instagram Reels yang akan semakin canggih.

Hal seperti ini penting menjadi catatan bagi brand untuk tahu bagaimana bisa terlibat dalam diskusi tentang topik yang sesuai bagi konsumen sambil menciptakan dampak sosial yang positif. Hal tersebut juga bisa menjadi salah satu peluang untuk promosi dan meningkatkan penjualan. Untuk itu, kamu tentu harus punya persiapan untuk memaksimalkan peluang yang ada. Kira-kira, tren marketing apa aja ya yang akan banyak digunakan tahun 2022?

  1. Not Only Short 

Jangan buat video pendek asal-asal yang belum tentu audiens mengerti. Daripada membuang waktu membuat video yang pendek, tapi tidak sesuai target, lebih baik membuat video yang relevan, related, menarik, dan juga menghibur untuk para audiens. Tren marketing ini bisa kamu praktikkan ke brand kamu. Buatlah video yang mengarah ke brand kamu, seperti layanan dalam bentuk reels yang mengarahkan ke landing page

  1. Bangun Koneksi yang Kuat Lewat Live Stream

Semakin beragam saja fitur yang disediakan oleh setiap aplikasi seperti Tiktok, instagram, Youtube, dan lain-lain. Manfaatkan fitur live streaming di media sosial kamu agar dapat terus bebas berkomunikasi dengan audiens. Kamu bisa mengerti apa yang dibutuhkan calon konsumen kamu dan mendengar saran serta kritik dari mereka. Lewat live streaming, kamu juga dapat membangun koneksi kamu dengan konsumen. 

  1. Meaningful Engagement = Lebih dari Angka

Brand kamu harus bisa membaya creators dengan harga yang pantas. Sekecil apa pun followers atau engagement-nya, mereka aware dengan value-nya dan akan keberatan jika tidak dihargai. Tanpa brand sekalipun, nantinya kreator bisa hidup lewat self-monetized

  1. Paid Advertising is a Must 

Jangan menunda iklan berbayar karena pencarian organik di platform seperti Facebook tidak lebih dari 6%. Jadi, salah satu cara agar brand kamu bisa outstanding adalah dengan memakai fitur iklan berbayar supaya brand kamu bisa muncul di media sosial untuk orang luas. 

  1. Demand for Social Selling Will Rise 

Salah satu contohnya bisa menggunakan fitur Instagram Shoppable Stories ataupun Tiktok Shopping, yang akan membuat audiens melakukan klik stiker diuntuk bisa berbelanja dan masuk ke halaman tempat kamu berjualan tanpa meninggalkan aplikasi media sosial tersebut. Ini menjadi salah satu cara untuk memenangkan hati konsumen dan setia pada aplikasi tersebut.

Itulah beberapa prediksi dari tren media sosial 2022 yang bisa kamu perhatikan. Sudah seharusnya brand tahu tren yang bakal bikin brand kamu melejit tinggi di 2022. Semoga prediksi ini bisa membantumu mempersiapkan pendekatan strategis pemasaran digital di tahun selanjutnya, ya!

More articles

Apa Itu Sora AI? AI Terbaru dari OpenAI yang Bisa Mengancam Video Editor

February 19, 2024

Apa Itu Sora AI? AI Terbaru dari OpenAI yang Bisa Mengancam Video Editor

February 19, 2024

Apa Itu Sora AI? AI Terbaru dari OpenAI yang Bisa Mengancam Video Editor

February 19, 2024