Strategi Social Media Marketing yang Bisa Dilakukan untuk Launching Produk Baru

Strategi Social Media Marketing yang Bisa Dilakukan untuk Launching Produk Baru

Dalam dunia bisnis, launching merupakan tahap yang sangat penting untuk menentukan awal mula keberhasilan produk di pasaran. Lewat tahap ini, masyarakat bisa mendapatkan first impression terhadap produkmu. Maka dari itu, diperlukan strategi yang tepat untuk menciptakan kesan baik tersebut. Salah satu cara yang bisa kamu pakai adalah melalui penerapan strategi social media marketing. Apa saja sih, langkah-langkahnya? Yuk, langsung simak penjelasan di bawah!

Konsultasi strategi social media marketing-mu di sini

Menentukan target pasar dan audience secara spesifik

Tahap ini sangat penting karena akan menentukan efektivitas strategi social media marketing berikutnya. Menentukan target pasar dan audience secara spesifik akan memudahkan kamu dalam menentukan jenis konten yang akan dibuat, platform media sosial yang digunakan, serta brand ambassador yang hendak diajak bekerja sama.

Misalnya kamu meluncurkan produk berupa kosmetik yang menyasar kaum perempuan. Untuk memperkecil lagi segmentasinya, kamu bisa mencoba menjawab beberapa pertanyaan, seperti:

  1. Kenapa mereka ingin menggunakan produk kosmetik? => karena mereka ingin tampil rapi dan cantik.
  2. Untuk apa mereka ingin tampil rapi dan cantik? => karena mereka ingin tampil prima ketika bekerja, berkuliah, jalan-jalan, maupun bertemu pasangan. Dengan begitu, performa dan kesan yang ditampilkan dapat meningkat.

Lewat jawaban-jawaban di atas, kamu bisa memperoleh proyeksi buyer persona sehingga bisa memahami audience, yakni:

  1. Jenis kelamin: perempuan
  2. Usia: 18-50 tahun
  3. Tingkat pendapatan: menengah dan menengah ke atas

Setelahnya, kamu bisa menerapkan strategi marketing yang banyak disukai kalangan tersebut.

Menentukan konten promosi yang relevan

Konten yang diangkat saat launching bisa berpengaruh besar terhadap persepsi dan kesan calon pembeli akan produkmu. Menentukan tema konten yang relevan berdasarkan audience juga berpotensi mendatangkan engagements tinggi sehingga mampu meningkatkan brand awareness. Misalnya, kamu meluncurkan produk berupa susu protein dengan target demografi berupa kaum laki-laki yang ingin menaikkan berat badan dan mencapai bentuk tubuh ideal, maka kamu bisa membuat konten seputar gym, diet, dan olahraga di samping konten hard selling. Bentuk konten yang dibuat bisa beragam, seperti infografis, carousel Instagram, Instagram Story, video, maupun teaser.

Bekerja sama dengan influencer dan brand ambassador

Strategi social media marketing selanjutnya adalah bekerja sama dengan influencer maupun brand ambassador yang relevan dengan target audience produkmu. Misalnya kamu meluncurkan produk skincare anti-aging yang menyasar perempuan berusia 30 ke atas yang biasanya mulai memiliki masalah kerutan. Maka, pilihlah brand ambassador, influencer, atau selebriti perempuan dengan rentang usia tersebut untuk mengiklankan dan merepresentasikan produkmu.

Membuat timeline promosi dan content planning

Timeline berguna agar promosi dilakukan dalam frekuensi yang tepat dan tidak berlebihan. Meski tidak ada patokan yang pasti dan data yang ideal mengenai frekuensi konten, kebanyakan kreator digital biasanya mengunggah satu konten per harinya. Sementara itu, content planning berguna untuk menghindari kebingungan, kehabisan ide konten, serta mengetahui apakah konten yang dibuat terkesan monoton dan tidak.

Menentukan platform social media untuk promosi

Pemilihan platform social media yang tepat bisa membantumu dalam memperoleh engagements tinggi. Ini karena setiap platform memiliki ciri khas dan segmentasi user-nya masing-masing. Untuk konten berbentuk video, kamu bisa mengunggahnya di YouTube. Untuk short video, TikTok dan Instagram bisa jadi pilihan yang tepat. Sementara itu, promosi dalam rupa tulisan lebih cocok digunakan di platform X dan Facebook.

Melakukan promosi melalui iklan

Selain melalui pembuatan konten, kamu bisa membangun brand awareness dari produkmu melalui iklan. Selain iklan berbayar seperti YouTube Ads, TikTok Ads, dan Facebook Ads, kamu juga bisa menggunakan layanan promosi seperti yang banyak tersedia di platform Instagram dan X.

Masih bingung bagaimana caranya membuat strategi social media marketing yang bagus biar launching-mu berjalan lancar? Tenang, ada vosFoyer yang siap bantu kamu dalam menemukan solusi dan menjalankan creative campaign! Berdiri sejak 2016, vosFoyer sudah berpengalaman dalam meng-handle berbagai brand dan perusahaan dan membantu mereka berkembang. Jadi, yuk langsung aja booking sesi konsultasi marketing vosFoyer di sini.

Booking jasa konsultasi marketing bersama vosFoyer di sini.

More articles

Iklan Gojek yang Viral dan Bisa Jadi Ide Campaign Kamu

June 13, 2024

Iklan Gojek yang Viral dan Bisa Jadi Ide Campaign Kamu

June 13, 2024

Iklan Gojek yang Viral dan Bisa Jadi Ide Campaign Kamu

June 13, 2024