Strategi Creative Agency di Balik Video Campaign Seabank 2023

Strategi Creative Agency di Balik Video Campaign Seabank 2023

Di bulan November tahun 2023, Seabank merilis campaign #LebihUntungdiSeabank untuk menaikkan awareness tentang berbagai keuntungan yang bisa didapat jika menjadi nasabah Seabank. Untuk menyebarkan awareness ini, Seabank memilih vosFoyer sebagai creative agency lewat pitching yang sudah diadakan beberapa bulan sebelumnya.

Bagaimana Foyers dan tim, sebagai creative agency terpilih meramu strategi dan ide untuk TVC Seabank #LebihUntungdiSeabank dan apa keseruan di balik shooting iklan Seabank dengan Sea Abang Kusir ini? Yuk simak selengkapnya!

Di stage awal, Foyers melakukan brainstorming bersama tim yang terdiri dari tim visual, copywriter, dan campaign. Ide berangkat dari objektif Seabank yang ingin menunjukkan keuntungan-keuntungan jika menjadi nasabah Seabank.Keuntungan tersebut di antaranya, gratis transfer antar bank, bunga tabungan tinggi, dan kemudahan bertransaksi, terutama saat menggunakan Shopee. 

Proses Brainstorming Video Seabank

Tonton behind the scene pembuatan video Seabank #LebihUntungdiSeabank di sini ya!

Selanjutnya, tim creative agency mencari konsep yang Indonesia banget, agar lebih relevan dengan target audience. Di sini kami mulai memilah lagu-lagu Indonesia yang familiar di telinga banyak orang. Dari sedemikian banyak lagu, terpilihlah lagu Naik Delman milik Pak Kasur. Nah, dalam penggunaan lagu untuk iklan, creative agency harus meminta izin sekaligus membayar royalti kepada pemilik lagu. 

Setelahnya, tim creative agency menyusun storyline yang menarik menggunakan lagu Naik Delman. Akhirnya, lahirlah sebuah tokoh bernama Sea Abang Kusir. Penggunaan Sea Abang ini berangkat dari nama Seabank, agar lebih dekat dengan identitas brand.

Konsep ini dianggap menarik oleh klien dan akhirnya membuat vosFoyer terpilih sebagai creative agency yang meng-handle produksi video Seabank dalam campaign #LebihUntungdiSeabank.

Proses pembuatan video Seabank dimulai sejak bulan September-Oktober, mulai dari pembuatan storyboard, casting talent, wardrobe, survey lokasi bersama tim produksi, hingga revisi yang tentunya gak habis-habis ya hehehe.

Salah satu langkah paling awal adalah pembuatan lirik yang relevan dengan pesan yang ingin disampaikan. Lirik harus berisi informasi keuntungan menabung di Seabank dan tetap enak didengarkan sesuai dengan irama lagu Naik Delman. 

Nah, setelah revisi sana-sini, jadilah lirik final untuk video #LebihUntungdiSeabank berikut ini:

Pada hari ini aku menabung di SeaBank

Lebih untung dapat bunga setiap hari

Transfer juga gratis terus setiap hari

Kita semua lebih untung karena pakai SeaBank...HEY!

Tung-untung-untung-untung- ayo pakai SeaBank

Tung-untung-untung-untung- semua bisa untung

Tung-untung-untung-untung- ayo pakai SeaBank

Tung-untung-untung-untung- #LebihUntungdiSeaBank

Lalu, untuk karakter Sea Abank Kusir diciptakan terinspirasi oleh program Uang Kaget yang sempat hits di zaman dulu. Konsep Sea Abank Kusir mengadopsi karakter host Uang Kaget sebagai orang yang menebar keuntungan (uang). Kostum Sea Abank Kusir juga terinspirasi dari Tuxedo Bertopeng di serial Sailor Moon, yang familiar bagi audience milenial yang merupakan target audience Seabank.

Seperti ini tampilan akhirnya dari konsep hingga jadi kostum Sea Abank Kusir!

Video campaign #LebihUntungdiSeabank dirilis bulan November di seluruh media sosial Seabank dan hingga saat ini sudah mendapatkan total jutaan views! Kamu bisa tonton di sini ya:

Dari proses pra-produksi hingga post-produksi, semuanya merupakan tanggung jawab vosFoyer sebagai creative agency yang terpilih dalam campaign #LebihUntungdiSeabank ini. 

Jika kamu ingin memproduksi video untuk brand, tidak hanya kebutuhan campaign, tapi juga dokumentasi, dan lainnya, kamu bisa kolaborasi bersama kami!

Hubungi vosFoyer untuk memproduksi video brand-mu dengan klik di sini.

More articles

Apa Itu Sora AI? AI Terbaru dari OpenAI yang Bisa Mengancam Video Editor

February 19, 2024

Apa Itu Sora AI? AI Terbaru dari OpenAI yang Bisa Mengancam Video Editor

February 19, 2024

Apa Itu Sora AI? AI Terbaru dari OpenAI yang Bisa Mengancam Video Editor

February 19, 2024