Budget Marketing Terbatas? Konsultan Marketing Bisa Bantu Kamu

Budget Marketing Terbatas? Konsultan Marketing Bisa Bantu Kamu

Bagi sebagian besar business owner, menentukan strategi marketing yang jitu bisa menjadi hal yang cukup tricky dan membingungkan. Kalau salah langkah, bisa-bisa produkmu kalah saing di pasaran atau bahkan mendapat kesan negatif di masyarakat. Belum lagi kalau budget yang ada tidak memungkinkan kamu untuk membuat strategi yang “wah”. Hal inilah yang sering dihadapi kebanyakan pelaku usaha.

Nah, kalau kamu juga menghadapi masalah seperti di atas, mungkin ini saatnya kamu mempertimbangkan untuk memakai jasa konsultan marketing yang bisa membantumu membuat strategi marketing meski dengan budget terbatas!

Kenapa Kamu Sebaiknya Memakai Jasa Konsultan Marketing?

  1. Tim yang Profesional dan Berpengalaman

Konsultan marketing memiliki pengalaman secara profesional dalam dunia marketing. Mereka adalah ahli yang bertanggung jawab melakukan berbagai proses untuk merencanakan strategi yang paling jitu untuk usahamu, mulai dari menganalisis pasar, mengidentifikasi peluang, serta merumuskan rencana untuk melakukan eksekusi secara efektif. Kemampuan analisis dan komunikasi yang kuat serta kreativitas mereka adalah aset berharga yang akan membantumu untuk menciptakan strategi guna mencapai tujuan pemasaran.

  1. Pemahaman Mendalam Terhadap Pasar

Pemahaman mendalam terhadap pasar berkaitan erat dengan potensi keberhasilan strategi marketing yang kamu pilih. Ini karena setiap produk memiliki segmentasi pasarnya masing-masing beserta ciri khasnya tersendiri, mulai dari demografi, tren industri, perilaku pembeli, serta preferensi konsumen. Hal inilah yang harus diperhatikan sebelum menyusun strategi marketing yang paling pas dan efektif supaya produkmu dapat diterima dengan baik di pasaran.

Nah, di sinilah konsultan marketing akan membantumu dengan melakukan riset yang komprehensif sehingga bisa memberikan insight yang berguna untuk membantu perusahaanmu mencapai target pemasaran meski dengan budget terbatas.

  1. Bentuk Alokasi Dana yang Menjanjikan

Dibanding menghabiskan budget untuk mengeksekusi strategi dan kampanye pemasaran yang belum pasti, menyewa jasa konsultan marketing yang sudah terbukti berpengalaman bisa jadi solusi terbaik untuk mengembangkan usahamu. Poin plusnya lagi, jasa konsultan pemasaran akan mengurus kebutuhan strategi marketing-mu dari awal hingga akhir, mulai dari mengembangkan rencana strategi hingga mengevaluasi kinerja dan efektivitas pemasaran yang dilakukan klien.

Konsultasikan strategi marketingmu bersama vosFoyer

Tanggung Jawab Konsultan Marketing, Apa Saja?

  1. Melakukan Analisis Terhadap Kebutuhan Klien

Sebelum menentukan strategi marketing yang dirasa paling efektif, tentu dibutuhkan analisis mendalam untuk mengetahui kebutuhan klien dan mengidentifikasi masalah terlebih dahulu, Nah, konsultan marketing akan menggali informasi seputar tujuan bisnis, sasaran pasar yang ingin dicapai, serta tantangan yang dihadapi oleh perusahaan klien.

Melalui informasi ini, pihak konsultan pemasaran akan melakukan analisis guna mengidentifikasi tren pasar dan perilaku konsumen serta mengevaluasi kekuatan dan kelemahan perusahaan. Mereka lalu akan menguraikan dan menjabarkan hasil analisis sehingga kamu akan memperoleh insight berharga yang akan berguna untuk menentukan langkah pemasaran selanjutnya. Setelahnya, pihak konsultan akan mengembangkan rekomendasi strategis berdasarkan hasil analisis.

  1. Melakukan Riset Pasar

Riset pasar yang dilakukan terdiri atas proses mengumpulkan data melalui wawancara, survey, observasi langsung, maupun menganalisis data yang sudah ada. Hal ini bertujuan untuk mengetahui target pasarmu dengan lebih mendalam. Setelahnya, data yang diperoleh akan diproses.

Selain mengetahui hal-hal seperti pola, kecenderungan, dan tren industri, data yang telah dianalisis akan berguna untuk mengetahui peluang serta area untuk perbaikan yang bisa dimanfaatkan untuk menentukan strategi marketing yang paling pas bagi klien. Pihak konsultan pemasaran kemudian akan menyajikan hasil riset yang diperoleh melalui laporan yang jelas dan terstruktur.

  1. Menyusun Rencana dan Strategi Marketing

Dalam menyusun rencana pemasaran, terdapat beberapa hal yang bisa ditanyakan, seperti: bagaimana kamu akan memasarkan produkmu? Apakah melalui media sosial, iklan, event offline, atau kombinasi semuanya?

Pertanyaan itu bisa dijawab setelah menentukan segmentasi pasar dan target pasar yang ingin dituju. Pasar akan dibagi menjadi segmen-segmen yang berbeda berdasarkan beberapa aspek, seperti karakteristik demografis, geografis, atau perilaku konsumen untuk menyesuaikan pesan pemasaran supaya relevan.

Selanjutnya,tentukan target pasar dengan mengidentifikasi kelompok mana yang paling berpotensi untuk menjadi pelanggan berdasarkan pembagian segmen sebelumnya.

Misalnya kamu hendak memasarkan produk kosmetik dan skincare dengan target pasar perempuan usia 18 sampai 35 tahun. Berdasarkan geografi dan perilaku, kebanyakan dari mereka tinggal di kota besar dan aktif di media sosial. Berdasarkan hal ini, itu artinya strategi marketing melalui media sosial dan event offline di kota besar bisa menjadi pilihan yang tepat.

  1. Melakukan Monitoring dan Evaluasi Kerja

Konsultan pemasaran juga bertanggung jawab untuk melakukan monitoring terhadap kinerja pemasaran dari perusahaan. Hal ini dilakukan dengan melakukan analisis terhadap berbagai aspek secara menyeluruh, seperti kampanye iklan, strategi media sosial, visibilitas secara online, serta kegiatan pemasaran lainnya. Setelahnya, mereka akan mengevaluasi kinerja tersebut untuk menilai keberhasilan strategi serta memberi rekomendasi kepada klien, seperti menyarankan strategi baru, perubahan taktik, atau mengidentifikasi adanya peluang bisnis baru.

Kamu lagi mencari jasa konsultan marketing, tapi masih bingung? Tenang aja, vosFoyer siap buat membantu kamu merencanakan strategi pemasaran! Kalau masih ragu, kamu bisa coba klik dulu klik di sini buat booking sesi konsultasi marketing bersama kami!

More articles

Iklan Gojek yang Viral dan Bisa Jadi Ide Campaign Kamu

June 13, 2024

Iklan Gojek yang Viral dan Bisa Jadi Ide Campaign Kamu

June 13, 2024

Iklan Gojek yang Viral dan Bisa Jadi Ide Campaign Kamu

June 13, 2024