FYP di Tiktok dengan Creator Search Insights

FYP di Tiktok dengan Creator Search Insights

TikTok udah jadi Google buat gen z, mereka banyak cari berbagai hal di TikTok daripada di Google. Banyak video yang FYP di TikTok juga karena sering muncul dihasil pencarian. Ini salah satu cara FYP di TikTok yang bisa kamu lakukan selain bikin konten trending.

Nah, gimana caranya kita tau apa yang sering dicari followers kita atau audience di niche akun kita? TikTok baru aja ngerilis fitur baru yang bermanfaat banget! Namanya Creator Search Insights.  

Apa itu Creator Search Insights dan bagaimana fitur ini bisa membantu kamu FYP di TikTok dari hasil pencarian user? Baca terus artikel ini sampai habis ya! Foyers bakal bahas.

Jadi, dengan Creator Search Insights ini, para kreator bisa dapet inspirasi untuk bikin konten baru, sesuaiin strategi kreatif mereka sama minat penonton, dan bikin konten yang bakal banyak ditonton orang dan berpotensi FYP di Tiktok. Harapannya sih, Creator Search Insight bakal bantu kreator buat bikin konten yang bener-bener nyambung sama yang lagi dicari sama pengguna, jadi kontennya bisa sukses banget di TikTok.

Gimana caranya kerja Creator Search Insights?

Tinggal search aja Creator Search Insights dan klik view

Kreator bisa langsung akses fitur ini dengan nyari "Creator Search Insights" di kotak pencarian (atau bisa juga langsung dari Creator Tools di Setting).

Nah, di Creator Search Insights, bakal ada daftar topik yang paling sering dicari. Topik-topik ini bisa diurutin berdasarkan kategori atau sesuai dengan konten yang biasa kamu buat. Kamu juga bisa nge-filter topik yang ada tapi belum banyak videonya di TikTok.

Terus kamu bisa ketik keywords sesuai niche konten brandmu, misalnya social media. Nah nanti akan muncul apa aja sih yang dicari sama audience di niche kamu.

Di sini contohnya, ada pencarian social media marketing course, social media manager portofolio, dan lainnya. Kalian tinggal twist aja keyword ini jadi ide konten yang menarik.

Hasil pencarian keyword di Creator Search Insights

Dan yang lebih seru lagi, nilai dari pencarian ini juga bakal ikut dipertimbangkan dalam Creator Rewards Program! Jadi, bikin konten yang sesuai sama topik yang lagi nge-hits bisa bantu naikin value konten kreator, loh. Dan bikin akun kamu berpotensi FYP di TikTok terus.

Kreator juga bisa liat topik apa yang paling populer berdasarkan popularitas atau label "Rekomendasi Topik". Label-label ini bisa jadi acuan buat kreator buat bikin strategi konten kamu dan brand.

Hasil penggunaan Creator Search Insights

Contohnya, hasil dari penggunaan Creator Search Insights di akun pribadi Foyers yang sering bahas kosmetik, munculnya seperti ini:

Kelihatan kan, followers dan audience sejenis suka nyari apa di TikTok? Ini langsung bisa jadi ide konten yang menjawab kebutuhan audience.

Nah, TikTok masih akan terus mengeluarkan pembaruan buat Creator Search Insights berdasarkan masukan dari kreator, dan bikin fitur yang bantu kreator buat nyiapin konten yang lebih mantap lagi buat hasil pencarian di TikTok.

Buat kamu para social media managers yang lagi struggle FYP di TikTok, jangan lewatkan fitur terbaru Creator Search Insights ini ya! Walaupun, katanya sih beberapa wilayah aja yang baru bisa menggunakannya. 

Tapi, Foyers cek Creator Search Insights ini udah bisa digunakan nih di Jakarta.

Penggunaan TikTok sebagai search engine bagi gen z akan bersaing dengan Google di masa depan. Kalau sekarang kita masih fokus strategi SEO di Google aja, kita bisa ketinggalan nih. Dengan munculnya fitur Creator Search Insights ini, kelihatan banget kalau TikTok juga berencana untuk mengalahkan Google sebagai search engine. 

Bisa jadi, di masa depan, TikTok gak cuma bersaing sama social media lain tapi juga dengan tool search engine. Wih ngeri ya!

Follow TikTok @vosfoyer untuk update terbaru soal TikTok dan social media strategy lainnya!

More articles

Creative Agency Terbaik untuk Brandmu Sesuai Kebutuhan

April 3, 2024

Creative Agency Terbaik untuk Brandmu Sesuai Kebutuhan

April 3, 2024

Creative Agency Terbaik untuk Brandmu Sesuai Kebutuhan

April 3, 2024