Cara Bikin Podcast Sesukses Podcast Deddy Corbuzier

Cara Bikin Podcast Sesukses Podcast Deddy Corbuzier

Bagi kamu yang hobi mendengarkan podcast, nama Deddy Corbuzier pasti sudah tidak asing lagi di telinga. Pertama kali terkenal sebagai magician dan presenter dalam acara TV Hitam Putih, Deddy kemudian merambah ke dunia podcast dan kerap berhasil mendulang jutaan viewers melalui video-video di akun YouTube-nya. Kira-kira apa ya, rahasia yang bisa bikin podcast Deddy Corbuzier sedemikian sukses? Yuk, simak ulasannya, biar kamu bisa tiru dan ikuti jejak keberhasilannya!

Mau bikin podcast buat brandmu? Yuk konsultasi bareng vosFoyer!

1. Narasumber atau Tamu Jadi Faktor Penentu

Kalau kamu perhatikan secara seksama, tamu atau narasumber yang diundang ke podcast Deddy Corbuzier memainkan faktor krusial. Mereka sering kali merupakan sosok yang sedang hangat diperbincangkan atau naik ke permukaan sehingga menarik perhatian banyak audiens untuk menonton episode tersebut, mulai dari tokoh politik, agama, hingga selebgram.

Contohnya, ia pernah mengundang Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan. Tidak tanggung-tanggung, Deddy bahkan membuat tiga video podcast dengan judul dan topik berbeda-beda bersama Luhut. Pada salah satu episode tersebut, mereka berdiskusi mengenai kebijakan PPKM, vaksin, serta kondisi Covid-19 yang telah mencapai level mengkhawatirkan pada Juli 2021 lalu. 

Contoh lainnya adalah ketika ia mengundang Syekh Ali Jaber terkait dengan kasus penusukan yang menimpa dirinya pada tahun 2020 lalu ketika ia sedang berdakwah. Di samping membicarakan tentang penyerangan tersebut, didampingi oleh Gus Miftah, keduanya juga berdialog mengenai seputar dunia Islam dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan Deddy.

2. Topik Menarik yang Viral dan Kontroversial

Selain narasumber, topik yang dibahas juga menjadi faktor krusial yang menentukan berhasil atau tidaknya suatu episode podcast dalam menarik perhatian banyak audiens. Pada akun YouTube-nya, ia tak hanya membahas tentang hal-hal viral yang membuat audiens penasaran, melainkan juga topik yang bisa dibilang kontroversial.

Salah satu episode podcast Deddy Corbuzier yang sempat viral adalah wawancaranya bersama stand up comedian, Mongol Stress, mengenai pengalamannya terlibat dengan Gereja Setan. Mulai dari proses pemujaan yang dijalankan, proses bagaimana dirinya bisa terpilih sebagai salah satu sosok yang dihormati dalam perkumpulan tersebut, hingga sederet ritual yang membuat para penonton tercengang.

Karena topiknya yang begitu mengejutkan dan kontroversial, tak heran kalau video tersebut berhasil mendulang sebanyak 27 juta viewers sejauh ini.

3. Pertanyaan yang Berani Sebagai Hook

Untuk memancing ketertarikan audiens supaya betah menonton sampai akhir, Deddy tidak takut untuk melemparkan pertanyaan berani atau cenderung sensitif. Salah satu contohnya adalah ketika ia mengundang Prabowo pada tahun 2021 lalu yang saat itu masih menjabat sebagai Menteri Pertahanan Indonesia. Di samping bertanya mengenai masa kecil serta tugasnya setelah dilantik sebagai menteri, Deddy juga tak ragu menanyakan tentang rivalitas antara Prabowo dengan Jokowi yang menjadi pesaingnya dalam merebut kursi kepresidenan selama dua periode berturut-turut.

Dalam menjawab pertanyaan tersebut, Prabowo mengaku bahwa ia tidak memiliki masalah pribadi dengan Jokowi dan keduanya tetap berhubungan baik. Lewat episode satu ini, Deddy berhasil menarik perhatian sebanyak 20 juta pasang mata.

4. Buat Thumbnail yang Menarik

Thumbnail merupakan gerbang pertama bagi audiens untuk menilai apakah sebuah video cukup menarik untuk ditonton atau tidak. Maka dari itu, pemilihan thumbnail yang mencolok merupakan cara tepat untuk memancing viewers. Cara yang dilakukan Deddy adalah dengan memasang foto dan tulisan yang menarik untuk setiap episode podcast-nya.

Seperti yang bisa kamu lihat, podcast Deddy Corbuzier kerap memperlihatkan thumbnail yang cenderung provokatif dan dapat dikatakan clickbait. Meski bukan hal yang baik dalam segi etika jurnalistik, tetapi kamu bisa menjadikan hal ini sebagai insight mengenai betapa pentingnya hook bagi calon audiens.

5. Melakukan Optimasi Judul dengan Nama Tamu atau Topik

Optimasi judul adalah kunci untuk membuat video naik ke permukaan. Memasang kata kunci yang tepat pada judul akan membantu audiens menemukan kontenmu dengan lebih mudah ketika melakukan pencarian di search bar. Cara ini pula yang dilakukan Deddy pada judul-judul podcast-nya. Ia kerap memasukkan nama narasumber maupun topik sebagai keyword yang berpotensi besar untuk dicari oleh calon audiens saat mengakses YouTube ketika mereka tengah menggali informasi lebih lanjut tentang hal yang dimaksud.

Mau tau lebih lanjut gimana caranya bikin podcast yang menarik ala podcast Deddy Corbuzier? Kalau gitu, langsung aja konsultasi dengan vosFoyer dengan DM kita di Instagram @vosfoyer!

DM @vosfoyer untuk konsultasi pembuatan podcast!

More articles

Rahasia Algoritma Tiktok yang Bisa Bikin FYP di Tiktok

May 16, 2024

Rahasia Algoritma Tiktok yang Bisa Bikin FYP di Tiktok

May 16, 2024

Rahasia Algoritma Tiktok yang Bisa Bikin FYP di Tiktok

May 16, 2024