Campaign Marketing yang Efektif ala Creative Agency vosFoyer

Campaign Marketing yang Efektif ala Creative Agency vosFoyer

Ketika menentukan  campaign marketing yang efektif untuk mengembangkan usahamu di pasaran, terdapat beberapa hal yang harus dipertimbangkan supaya terhindar dari kegagalan. Bagaimana cara menjalankan campaign marketing yang sukses ala  agency? Berikut pembahasannya.

Butuh creative agency untuk bantu kamu buat campaign marketing yang efektif? Klik di sini.

1. Menentukan Tujuan atau Objective yang Jelas

Campaign marketing yang efektif harus berdasarkan data

Sejatinya,  campaign marketing yang efektif tidak bisa dicapai tanpa tujuan yang jelas. Ada kalanya, beberapa perusahaan menentukan tujuan yang tidak jelas dan cenderung tumpang tindih sedari awal. Contohnya, mereka berharap bisa meningkatkan sales atau permintaan terhadap produk lewat campaign yang padahal bertujuan untuk menaikkan brand awareness. Hal ini akan membuat campaign marketing  kurang efektif dan optimal.

Maka dari itu, untuk menghindari kebingungan, kamu perlu mengetahui jenis-jenis  campaign marketing dan tujuannya masing-masing. Di antaranya:

a. SEO Campaign

Bertujuan untuk meningkatkan ranking website perusahaan di search engine. Kenaikan rank ini kemudian berpotensi menaikkan traffic organik, konversi, hingga brand awareness.

b. Product Marketing Campaign

Bertujuan untuk memperkenalkan dan memasarkan produk ke masyarakat. Keberhasilan campaign ini sangat berpengaruh terhadap keberhasilan penjualan produk.

c. Brand Awareness Campaign

Bertujuan untuk memperkenalkan produk dan brand secara luas ke masyarakat sehingga meningkatkan potensi pembelian, visibilitas, citra positif, serta keterikatan emosi dan kognitif terhadap brand atau produk yang bersangkutan.

d. Social Media Campaign

Kampanye melalui media sosial. Penggunaan medsos memungkinkan terjadinya interaksi antara bisnis dengan target pasar secara intens dan berkelanjutan tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya, di samping meningkatkan brand awareness secara luas, mendorong engagement, serta meningkatkan revenue.

e. Public Relation Campaign 

Bertujuan untuk mengelola komunikasi dan menyenangkan masyarakat supaya brand atau produk memperoleh citra positif dari media serta customer. Hal ini dilakukan dengan cara menyampaikan manfaat dan bagaimana produk tersebut dapat menjawab permasalahan audiens sehingga memberi nilai tambah pada produk dan membangun brand image.

f. Sales Promotion Campaign

Bertujuan untuk menarik permintaan terhadap suatu produk atau layanan. Merupakan jenis kampanye jangka pendek karena hanya dilakukan di waktu-waktu tertentu. Contoh dari penerapan campaign marketing ini adalah penawaran khusus, pemberian diskon, obral, dan semacamnya.

2. Memahami Target Audience

Menentukan target audience adalah poin krusial sebelum mengeksekusi  campaign marketing  yang efektif. Ini karena setiap kelompok audiens memerlukan pendekatan yang berbeda-beda. Strategi kampanye untuk target audiens perempuan muda lajang usia 18 sampai 30 tahun tentu berbeda dengan strategi untuk target audiens ibu rumah tangga di usia 30 ke atas.

Misalnya kamu pemilik produk kosmetik yang ditujukan untuk perempuan muda di kota besar. Dari sini, kamu sudah memperoleh buyer persona dan tinggal memanfaatkan campaign marketing yang mereka suka, seperti mengundang influencer yang berasal dari golongan sama atau mengadakan offline event di pusat kota.

3. Gunakan Ide Campaign yang Kreatif

Supaya audiens tertarik dan terus ingat dengan campaign-mu, jadilah kreatif. Jangan gunakan gimmick atau formula yang sudah usang secara terus menerus tanpa adanya improvisasi. Jika  campaign marketing yang kamu eksekusi kurang menarik atau menggunakan cara yang problematik, bisa-bisa produkmu ikut dicap buruk atau justru di-cancel oleh masyarakat.

Tipsnya, gunakan ide-ide segar dan manfaatkan hal-hal yang sedang viral dan populer secara kreatif. Namun, pastikan juga agar eksekusinya tetap etis dan jauh dari kontroversi. Gunakan pula Call To Action yang bervariasi, contohnya dengan mengimbau audiens untuk bertanya di kolom komentar atau tawarkan sesuatu yang menguntungkan supaya mereka mau melakukan interaksi atau bahkan pembelian. 

4. Buat Perencanaan dengan Baik

Menentukan rencana adalah langkah yang tepat untuk membuat  campaign marketing yang efektif. Mulai dari membuat content plan hingga memperhatikan 

5. Pastikan Campaign marketing  Feasible dan Realistis

Ada kalanya, pelaku usaha memiliki ide yang dirasa “wah” dan brilian untuk campaign mereka. Namun, ide tersebut harus terbentur dengan realita karena mereka tidak memiliki resource yang mencukupi. Kalau dipaksakan, eksekusi ide justru tidak akan berjalan baik dan kualitas yang dihasilkan akan berada di jauh bawah ekspektasi. Jadi, pastikan bahwa campaign yang kamu buat bersifat realistis.

Mau membuat  campaign marketing yang efektif untuk mempromosikan produkmu? Pakai jasa vosFoyer aja! Kami siap membantu menyusun campaign marketing buat produkmu dari awal hingga akhir! Mau tahu lebih lanjut? Langsung saja klik di sini buat booking sesi konsultasi bersama vosFoyer.

More articles

Creative Agency Terbaik untuk Brandmu Sesuai Kebutuhan

April 3, 2024

Creative Agency Terbaik untuk Brandmu Sesuai Kebutuhan

April 3, 2024

Creative Agency Terbaik untuk Brandmu Sesuai Kebutuhan

April 3, 2024