Apa Itu Asian Value yang Viral di Media Sosial?

Apa Itu Asian Value yang Viral di Media Sosial?

Rame banget nih term Asian value di media sosial yang dijadikan meme beberapa akun. Sebenarnya apa sih asian value dan kok bisa asian value rame banget dijadikan bahan meme?

Pengertian Asian Value

Asian values atau nilai-nilai Asia merujuk pada konsep yang menekankan nilai-nilai budaya dan sosial yang diklaim umum di negara-negara Asia Timur seperti China, Jepang, Korea Selatan, dan Singapura. Konsep ini mulai populer pada akhir abad ke-20, terutama pada tahun 1990-an, di mana para pemimpin politik seperti Lee Kuan Yew dari Singapura dan Mahathir Mohamad dari Malaysia menjadi pendukung utama gagasan ini. Mereka berargumen bahwa keberhasilan ekonomi negara-negara Asia Timur sebagian besar disebabkan oleh nilai-nilai budaya mereka yang unik.

Asal-usul Asian values dapat dilacak ke tradisi Konfusianisme yang berpengaruh besar di wilayah Asia Timur. Konfusianisme menekankan pentingnya harmoni sosial, penghormatan terhadap otoritas, kerja keras, penghematan, dan penghormatan terhadap keluarga dan komunitas. Para pendukung Asian values berpendapat bahwa nilai-nilai ini telah memberikan fondasi yang kuat bagi stabilitas sosial dan kemajuan ekonomi di banyak negara Asia.

Kontroversi Asian Value

Namun, konsep Asian values tidak lepas dari kontroversi dan kontradiksi. Kritik utama datang dari para pendukung hak asasi manusia dan demokrasi liberal yang berpendapat bahwa gagasan ini sering digunakan sebagai dalih untuk membenarkan pemerintahan otoriter dan pelanggaran hak asasi manusia. Mereka menyoroti bahwa beberapa pemerintah Asia menggunakan konsep Asian values untuk menolak kritik internasional terhadap pelanggaran hak asasi manusia dengan alasan bahwa nilai-nilai Barat seperti demokrasi dan kebebasan individu tidak cocok dengan konteks Asia.

Selain itu, ada perdebatan tentang apakah Asian values benar-benar unik dan berbeda dari nilai-nilai di bagian dunia lain. Banyak nilai yang disebut sebagai Asian values, seperti kerja keras dan penghematan, juga sangat dihargai di budaya lain. Kritikus juga menyoroti bahwa konsep ini sering kali digunakan secara selektif dan dapat berfungsi untuk mempertahankan status quo politik dan sosial.

Secara keseluruhan, meskipun Asian values telah memainkan peran penting dalam diskusi tentang identitas dan pembangunan di Asia, konsep ini tetap kontroversial. Perdebatan tentang nilai-nilai ini mencerminkan ketegangan yang lebih luas antara tradisi lokal dan tekanan globalisasi serta antara otoritarianisme dan demokrasi.

Podcast Total Politik bersama Pandji Pragiwaksono

Nah, inilah asal mula term Asian value rame di media sosial. Pandji, seorang komika yang vokal soal kondisi politik di Indonesia hadir sebagai bintang tamu di Podcast Total Politik.

Salah satu pembahasannya adalah soal "Dinasti Politik". Diskusi antara Pandji dan kedua host, Arie Putra dan Budi Adiputro cukup memanas waktu bahas dinasti politik. Pandji yang merasa dinasti politik ini tidak benar mencecar kedua host dan menanyakan pendapatnya soal ini.

Arie Putra mengatakan dirinya punya "Asian Value" ketika ditanya soal dinasti politik. Pernyataan ini kemudian menjadi bahan pembicaraan netizen dan akhirnya viral. Selanjutnya, seperti yang kita tau, meme soal Asian value ini menyebar di mana-mana.

Ini dia beberapa contoh influencer dan akun meme yang membuat bercandaan tentang Asian value di media sosial:

Bahkan media sebesar Narasi ikut-ikutan bikin meme soal Asian value!

Netizen tentu aja ikut-ikutan meramaikan:

Ini cuplikan podcastnya buat kamu yang ketinggalan:

Gimana, sekarang udah tau kan asal muasal Asian Value yang tiba-tiba viral di media sosial?

More articles

Iklan Gojek yang Viral dan Bisa Jadi Ide Campaign Kamu

June 13, 2024

Iklan Gojek yang Viral dan Bisa Jadi Ide Campaign Kamu

June 13, 2024

Iklan Gojek yang Viral dan Bisa Jadi Ide Campaign Kamu

June 13, 2024